Friday, May 8, 2020

Workshop Online SAGUSABLOG 40



Dalam perkembangan dunia digital seperti sekarang ini, sebagai seorang guru dituntut agar bisa mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian dibutuhkan pelatihan dan workshop yang dapat menjadikan kita sebagai pendidik yang terdepan untuk siswa-siswi di sekolah. Salah satu workshop yang dapat diikuti adalah SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). Program ini merupakan salah satu program yang diprakarsai oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia). SAGUSABLOG bertujuan untuk membantu Guru Indonesia untuk membuat blog pribadi untuk menyalurkan karyanya sebagai seorang pendidik, sehingga karya tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat pada umumnya.


Program SAGUSABLOG ini sebenarnya sudah lumayan lama saya dengar dan perhatikan, akan tetapi baru kali ini bisa ikut bergabung dalam SAGUSABLOG 40 karena baru adanya jaringan internet di tempat tugas. Berhubung juga dengan masa Pandemi Covid-19 yang mengharapkan semua kegiatan dilakukan di rumah, kegiatan Workshop Online SAGUSABLOG 40 ini merupakan kegiatan yang paling tepat untuk dilakukan.

Kegiatan Workshop SAGUSABLOG ini merupakan workshop online yang menggunakan sarana chatting melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video serta ada dua mentor utama dalam setiap kelasnya. Mentor utama dalam kelas yang saya ikuti yaitu Ida Bagus Gede Eka Putrawan dan Fitriyah Retno Wulan yang siap membimbing para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola blog pribadi.

Workshop ini berisi bagaimana cara membuat Media Pembelajaran Berbasis Blog dengan materi sebagai berikut:

1. Membuat blog dengan blogger

2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger

3. Mendesain header blog

4. Mengelola dan menghias blog

5. Membuat dan mengelola menu blog

6. Membuat dan mengelola soal online di google drive

No comments:

Post a Comment

Soal IPS Kelas VIII

Silakan kerjakan soal-soal di bawah ini! Memuat…